Pelatihan

Pembinaan Ahli K3 Umum BNSP Online

Pembinaan Ahli K3 Umum BNSP

Sertifikasi BNSP adalah sertifikasi yang diberikan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di Indonesia. BNSP adalah lembaga pemerintah nonstruktural yang bertanggung jawab untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja guna menjamin bahwa tenaga kerja Indonesia memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. 

Ahli K3 Umum  adalah profesional yang memiliki kompetensi di bidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) untuk berbagai industri. Pembinaan AK3U bertujuan untuk memastikan bahwa tenaga kerja memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengendalikan risiko K3 di tempat kerja.

Sertifikasi AK3U yang diberikan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menunjukkan bahwa individu tersebut telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah dan diakui secara nasional. Ini penting untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme di bidang K3.

Teknis Pelaksanaan 

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari dari pukul 08.00 - 16.00 WIB secara online/daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Pelaksanaan penyampaian materi dilakukan di hari pertama dan kedua, lalu pada hari terakhir diadakan Uji Kompetensi atau Asesmen oleh Asesor (penguji) kepada Asesi (peserta). 

Uji Kompetensi dibagi menjadi 3 bagian: Uji Kompetensi Tertulis, Uji Kompetensi Wawancara, dan Uji Kompetensi Praktik Demonstrasi. Seluruh rangkaian ujian dilaksanakan secara daring/online melalui Aplikasi Zoom Meeting dan Microsoft Word. 

Sertifikat AK3U diterbitkan langsung oleh BNSP melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) estimasi 1-2 bulan terhitung sejak Asesi dinyatakan Kompeten oleh Asesor.

  1. Sertifikat Ahli K3 Umum dari BNSP 
  2. Kartu Kompetensi
  3. Surat Keterangan dari Astara
  4. Kemeja eksklusif Astara
  5. Tas ransel Astara
  6. Merchandise Astara
  7. Softcopy modul dan UU
  8. Subsidi biaya pengiriman berkas dan fasilitas

Seluruh fasilitas akan kami kirimkan setelah peserta dinyatakan Kompeten ke alamat masing-masing peserta

  1. Scan KTP
  2. Scan Ijazah min SMA/SMK (wajib ijazah tidak boleh SKL)
  3. Softfile Pas Photo berlatarbelakang merah (format JPG)
  4. Daftar Riwayat Hidup atau CV
  5. Surat Rekomendasi Perusahaan (jika diutus perusahaan)
  6. Memiliki Laptop/PC
  7. Dapat mengoperasikan Microsoft Word

Notes :
Seluruh persyaratan berformat pdf maks. 2mb (kecuali foto) diupload di sistem website Astara setelah diberikan akses login sistem dan melakukan pembayaran DP

  • Merancang Strategi Pengendalian Risiko K3 di Tempat Kerja
    60 menit
  • Merancang Sistem Tanggap Darurat
    60 menit
  • Melakukan Komunikasi K3
    60 menit
  • Mengawasi Pelaksanaan Izin Kerja
    60 menit
  • Melakukan Pengukuran Faktor Bahaya di Tempat Kerja
    60 menit
  • Mengelola Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Kerja (P3K) di Tempat Kerja
    60 menit
  • Mengelola Tindakan Tanggap Darurat
    60 menit
  • Mengelola Alat Pelindung Diri (APD) di Tempat Kerja
    60 menit
  • Menerapkan Program Pelayanan Kesehatan Kerja
    60 menit
  • Mengelola Sistem Dokumentasi K3
    60 menit
  • Menerapkan Manajemen Risiko K3
    60 menit
  • Mengevaluasi Pemenuhan Persyaratan dan Prosedur K3
    60 menit
  • Melakukan Investigasi Kecelakaan Kerja
    60 menit
Mulai Selesai
16 December 2024 18 December 2024
27 December 2024 29 December 2024
06 January 2025 08 January 2025

Pelatihan Lainnya

Scroll
Membutuhkan informasi?